Minggu, 03 Februari 2013

Be A Worship Leader


i'm back ^^
mau freeze this moment that i will share 

markitmul *mari kita mulai..
hari ini adalah jadwal gw WL (worship leader) di ibadah pemuda..
merasa bersyukur banget sama Tuhan karna masih diberi kesempatan ini.
padahal sempet kemarin mau mundur *tapi sekarang baru sadar.Ini pembentukan dalam pelayanan gw. dan yang namanya pembentukan itu ga pernah enak. nangis berat gw masa masa itu~

dari minggu sebelumnya gue udah mulai menyiapkan hati, nanya tema yang mau dibawain sama pengkotbahnya (tante Ratmi). Dan tante Ratmi baru kabarin hari kamis, kalo dia bakal bawain tema DIBENTUK DAN DIPERBAHARUI ALLAH (Yer 18:1-6).
Gua tanya *by Whatsapp, penting bgt gw cantumin yahhh ;p*

Gue: "tan temanya apa yang mau dibawain di pemuda ?"

TR  : "cerita Yeremia yang diutus Tuhan ke rumah tukang periuk, yang sedang bekerja di pelarikan. Disitu ia datang. Jika periuk rusak si tukang tersebut membuatnya lagi bla bla bla.... ada gambaran miss Novy?"

Gue: " Jadi tujuan kita ke anak-anak muda gini bukan tan... Kalo hidup kita Tuhan yang bentuk. Pasti baik yang dibuat Tuhan"

TR  : "sipp"

okehh, kenapa gue nanyain tema dan tujuan? karna itu penting!
Tema dan Tujuan itu menjadi dasar kita membuat alur ibadah, memilih lagu-lagu, bahkan membuat video yang mendukung untuk ibadah.

ini tujuan yang gue buat:


1.       Pemuda memuji kebaikan dan penyertaan Tuhan dalam setiap langkah hidup sampai pada saat ini.

(ada cobaan, tantangan, kebahagiaan, dll)

2.       Pemuda menyadari bahwa segala yang terjadi dalam hidup ini sudah direncanakan oleh Tuhan dengan indah.

(setiap prosenya ternyata mengarahkan kita pada rencanaNya dan tujuanNya, sorga)

3.       Pemuda menyerahkan kehidupannya ke dalam tangan Tuhan, Sang Penjunan Hidup.

(berani berkata iya untuk pembentukan Tuhan dalam hidup kita, meskipun tidak tahu prosesnya seperti apa nantinya, yang pasti kita tetap harus percaya)


nah,tujuan itu adalah yang mau kita tuju/capai dalam ibadah. Kalo ga ada tujuan, bingung juga nanti ngarahinnya kemana..

setelah ngebuat tujuan,waktunya membuat alur ibadah dan lagu :)
alur dibuat disesuaikan sama tujuan.. jangan lari dari tujuan yahh
misalnya, di gereja gw itu biasanya ada pujian awal ibadah(pembuka), praise, kesaksian, dan lagu untuk firman..

ini alur gue:

Pembukaan
mempersiapkan hati masuk dalam ibadah, dengan mengingat tiap kebaikan dan penyertaan-Nya dalam satu minggu bahkan satu bulan 2013 yang telah dilewati   
Praise (puji-pujian)
memuji Tuhan atas kesetiaan dan kebaikan-Nya tetap menyertai kita dalam melewati setiap proses hidup. Menyadari setiap proses yang ada adalah rencana Tuhan yang indah
Kesaksian
menyaksikan kesetiaan, kebaikan, kemurahan Tuhan yang dialami sepanjang bulan Januari 2013. Apakah kamu menyadari apa yang kamu alami kini mengarahkan dirimu pada rencana Tuhan? Kira-kira pembentukan apa yang dialami setelah melewati masalah ini?)
Firman Tuhan
mempersiapkan hati untuk mendengar firman. Yang pertama, lewat video yang menampilkan proses pembuatan tanah liat menjadi vas yang berguna. Yang kedua, membukakan bahwa kita bagaikan tanah liat tersebut yang sedang dibentuk Tuhan. Maukah kita menyerahkan hidup kita untuk dibentuk-Nya?

*gue sering banyak pertanyaan di alur, buat ingetin gue jg apa yang akan gue ucapkan nantinya*

sipp, alur kelar *yeayyy*
selanjutnya adalah kata-kata motivasi. Seharusnya tiap kata yang akan kita ucapkan itu di tulis, atau kalo kita memang pengingat yang baik, cukup tulis intinya aja..
per point aja apa yang akan lw ucapkan *kadang, berada di depan membuat kita nervous dan lupaa deh! ;p
kata motivasi biasanya ada disetiap pergantian lagu. Sebagai pengantar ke lagu berikutnya, dan juga pengarah ibadah :)
harusnya sebuah ibadah itu makin ke arah firman, makin klimaks.. jangan sampe ke anti klimaks hehehhee :) nanti mereka malah ga ngarah ke firman..

selanjutnya, yang penting berikutnya adalah latihan musik.
jangan pernah remehkan latihan yaa, even lw udah gape/keren dalam dunia perWLan :)
bina hubungan baik sama pemain musik dan singer lw..
cari nada yang baik lw bawain~
*jujurly gw tuh fals, hahahhaaa.. that's why singers is what i need most, wkwkwkwk :p

and then, diatas semuanya yang penting itu.. yang PALING PENTING adalah waktu kita bersama Tuhan, doakanlah tiap pelayanan yang lw ambil. gue biasa mendoakan tiap tahap ibadah, pelayan kesaksian, lagu2 dan video semoga membuat pemuda ngarah ke tujuan, firman dan pengkotbah, dan gw berdoa ampun atas dosa gw *biar ga jd penghalang berkat Tuhan ke pemuda :)

eniwei, semua hal yang bisa gw pelajari tentang perWLan ini gw dapet dr persekutuan di kampus *gw ga terlalu bagus dlm WL, tapi rindu ngebagiin yang gw dapet :)
gw ngampus di UNJ (univ negeri jakarta).. di PMK UNJnya gw belajar banyak~ 

post gw yang sebelumnya itu sengaja gw post buat pembuat komik gw. Namanya sisil. dia buatin gw gambar ttg sang penjunan/tukang periuk. terus itu gw masukin dalam video pengantar firman, sebelum lagu firman..  mau si masukin video yg gue buat, tapi lama masaaa masukinnya ;p 

-intermezo-
gw terharu saat selesai doa firman, tante Ratmi maju ke mimbar.
terus dia nangis *gw cenggo*
terus dia bilang "makasi novi, saya merasa benar-benar dapet banget saat pujian penyembahan 
gw senyum sambil bilang "sama sama tante" *berbisik, just lips say*
sambil berkata dalam hati.. "makasi Tuhan :). kalau bukan Tuhan, gw ga bakal bisa bawain ini. dan jangan biarkan gw jd sombong."          

The summary:
Being WL, penting untuk mengetahui tema, membuat tujuan, membuat alur, memilih lagu, memilih dan mencari kata motivasi, latihan musik, dan yang terpenting jaga hubungan dengan TUHAN :)

God bless more and more ^^

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
;